Tahapan Pembuatan Sepatu

Tahapan Pembuatan Sepatu

 

Sepatu adalah salah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sepatu digunakan untuk melindungi kaki dari berbagai macam bahaya dan juga sebagai fashion item. Namun, tahukah Anda bagaimana sepatu dibuat? Tahapan pembuatan sepatu sebenarnya cukup kompleks dan membutuhkan banyak proses. 

 

Tahapan Pembuatan Sepatu Secara Umum

 

Tahapan pembuatan sepatu biasanya melibatkan beberapa langkah yang harus diperhatikan. Proses ini juga berlaku untuk pembuatan sepatu kulit. Jika Anda ingin tahu tentang langkah-langkahnya, berikut penjelasannya:

 

  • Upper

Proses pembuatan bagian atas sepatu disebut upper. Pada bagian ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola. Setelah pola dibuat, proses pemotongan dapat dilakukan. Setelah itu, proses menjahit dapat dimulai.

 

  • Bottom

Bagian berikutnya, yang disebut "bagian bawah" sepatu, terdiri dari dua bagian yang harus dibuat. Salah satu bagian sepatu adalah outsole, atau alas terbawah, dan bagian lain adalah insole, atau alas, yang akan digunakan untuk menapaki kaki Anda.

 

  • Assembling

Menyatukan kedua bagian di atas, bagian atas dan bawah, adalah bagian assembling. Ini biasanya dilakukan dengan menekan kedua bagian sepatu, hingga kedua bagian menyatu dengan erat.

Setelah ketiga tahapan pembuatan sepatu kulit di atas telah selesai. Sepatu pun biasanya akan dikirim ke Quality Control Unit untuk diuji kualitasnya.

 

Proses Pembuatan Jenis Sepatu

 

Anda dapat melakukan beberapa langkah tambahan dalam proses pembuatan sepatu kulit selain langkah-langkah yang disebutkan di bagian atas, perhatikan lagi pada bagian ini:

 

  • Pemilihan Kulit

Sangat penting untuk memilih kulit yang akan digunakan saat membuat sepatu, terutama jenis kulitnya. Karena beberapa jenis kulit tidak cocok untuk digunakan dalam sepatu tertentu.

 

Selain itu, setiap jenis kulit yang digunakan untuk membuat sepatu memiliki manfaat yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis kulit yang akan Anda gunakan sebelum membuat sepatu kulit.

 

  • Pembuatan Pola

Pembuatan pola adalah langkah berikutnya dalam pembuatan sepatu secara keseluruhan. Namun, karena tingkat kesulitan pembuatan pola pada sepatu kulit berbeda dengan pembuatan pola pada jenis sepatu lainnya, pembuatan pola pada sepatu kulit harus dilakukan oleh orang-orang tertentu.

 

  • Proses Pemotongan

Karena proses pembuatan sepatu kulit berbeda dari proses pemotongan pola biasa, tahap berikutnya adalah proses pemotongan. Oleh karena itu, pengrajin sepatu dari bagian gurat menangani bagian ini secara khusus.

 

  • Penjahitan Kulit

Setelah proses pemotongan kulit yang cukup menantang, bagian selanjutnya adalah menjahit dari pola-pola yang telah dibuat tadi. Proses ini biasanya dilakukan oleh penjahit profesional. Kulit yang akan digunakan untuk membuat sepatu biasanya dilapisi dengan bahan lain saat menjahit. Dalam kasus ini, spon atau kain empuk lainnya ditambahkan ke dalamnya.

 

  • Pemasangan Sol

Pada langkah ini, sol sepatu dan atas yang telah dijahit harus dipasang. Ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini berkaitan dengan kerapian yang diharapkan dari jenis sepatu kulit ini.

 

  • Finishing

Bagian paling akhir adalah finishing. Di sini, biasanya dilakukan pemasangan tali sepatu dan membersihkan sisa lem yang menempel. Dengan kata lain, sepatu dibersihkan hingga siap digunakan.

 

Itulah tahapan pembuatan sepatu yang cukup kompleks dan membutuhkan banyak proses. Proses pembuatan sepatu membutuhkan keahlian khusus dan biasanya dilakukan oleh tenaga kerja yang sudah berpengalaman. Namun, hasil akhir dari proses pembuatan sepatu adalah sebuah produk yang berkualitas dan dapat digunakan untuk melindungi kaki dari berbagai  bahaya.



Comments

Popular posts from this blog

Proyek Pemagaran lahan menggunakan Pagar Beton dan Saluran Uditch Jawa Tengah

Menemukan Investasi yang Menguntungkan: Jual Rumah di Bandung

Gejala Katarak, Kenali Sebelum Kian Menjadi