Negative Space Photography, Pengertian dan Fungsi

Negative Space Photography, Pengertian dan Fungsi

Mungkin Anda pernah terkesan bersama dengan suatu gambar fotografi, namun kecuali dipikir-pikir karya tersebut sesungguhnya simple. Negative space atau area negatif biasanya digunakan untuk lihat wujud dan ukuran objek. Penggunaan tehnik ini dinilai lebih efisien untuk objek yang difoto.

Selain itu, area negatif mampu sebabkan komposisi foto lebih menarik. Tak heran kecuali tehnik ini banyak digunakan selagi ini.

Apa Itu Negative Space?

Negative space atau area negatif didalam fotografi adalah, area di sekitar subjek maupun di pada subjek foto. Sayangnya, penerapannya tidak banyak dimengerti oleh orang-orang. Kebanyakan cuma mengambil alih gambar yang fokus terhadap objeknya saja.

Padahal, penggunaan area negatif yang baik adalah terhadap bagian dari foto yang mengitari subjek. Sedangkan area positif terhadap foto terletak terhadap subjek utama. Positive space terhadap dasarnya jadi point of interest terhadap sebuah karya foto.

Anda mampu mengfungsikan area negatif untuk mengistirahatkan mata selagi mengamati foto. Sebenarnya, spasi negatif berisi leading line terhadap sebuah foto. Pandangan mata selagi lihat point of interest terletak terhadap subjek.

Negative Space Photography merupakan makna didalam fotografi, arsitektur, dan seni rupa. Teknik ini sesungguhnya udah tersedia sejak zaman dahulu. Pemahaman tentang area negatif sesungguhnya tidak mudah. Saat pertama kali memahami konsepnya, Anda mungkin bakal mengalami kesulitan.

Jika sering lakukan latihan, bukan tidak mungkin Anda termasuk bakal memahami tehnik ini. Bisa dibilang, area negatif bakal memberi tambahan kesan photography in a new way. Oleh gara-gara itu, tidak tersedia salahnya coba komposisi baru sehingga foto yang dihasilkan tampak menakjubkan.

Fungsi Negative Space

Teknik fotografi ini mampu sebabkan hasil foto lebih Seimbang dan harmonis. Yang punya tujuan mengaburkan area sekeliling objek sehingga mata terfokus.

Sesuatu yang menarik bagi penglihatan tidak selamanya untuk hal-hal yang heboh. Bahkan bersama dengan memberi tambahan sentuhan area negatif yang pas, foto Anda bakal berharga artistik yang tinggi.

Lalu, apa saja kegunaan dari adanya spasi negatif didalam foto? Anda mampu mengetahuinya didalam ulasan tersebut ini.

1. Menciptakan Keseimbangan dan Harmonisasi Foto

Dalam fotografi, adanya spasi negatif mampu memberi tambahan keseimbangan dan harmonisasi foto. Tak heran kecuali tehnik ini dikenal sebagai area antar elemen didalam sebuah komposisi. Konsep ini sesungguhnya punya tujuan untuk mengaburkan area yang tersedia disekeliling objek utama.

Jadi , mata pemirsa fotografi bakal terlalu fokus terhadap objek tersebut. Seperti yang sudah diketahui, komposisi merupakan kunci berasal dari sebuah visualisasi foto.   Komposisi yang pas bakal sebabkan sebuah karya foto punyai cerita di dalamnya.

Misalnya disaat lihat karya melalui viewfinder, spasi negatif jadi tehnik yang mampu dipilih. Tak heran kecuali udah banyak fotografer yang mempelajari tehnik ini. Anda mampu membangun panggung fotografi yang lebih baik bersama dengan tehnik yang unik.

2. “Mengistirahatkan Mata” dan Penunjang Keindahan

Memahami spasi negatif mampu jadi bekal yang baik untuk memperdalam kapabilitas fotografi Anda. Misalnya jika terdapat objek tiang listrik sebagai subjek utama. Sedangkan latar belakangnya berwujud langit biru.

Maka bagian spasi positif terhadap ilustrasi tersebut adalah tiang listrik. Sedangkan langit biru untuk latar belakang sehingga merupakan spasi negatif.  Sederhananya, spasi positif mampu bakal langsung difokuskan oleh penglihatan manusia secara umum.

Sedangkan spasi negatif tidak boleh terlalu mencolok. Mengingat fungsinya sebagai “tempat istirahat” bagi mata. Tidak cuma itu spasi negatif termasuk harus mampu mendukung keindahan terhadap spasi positif.

3. Membuat Foto Portrait Lebih Baik

Tahukah Anda tehnik spasi negatif ternyata terlalu baik untuk pelaku fashion blogger? Teknik fotografi ini mampu sebabkan sebuah foto portrait bahkan jauh lebih menarik. Selain itu, tipe busana yang dikenakan bakal lebih menonjol.

Spasi negatif bakal mendukung semua foto jadi lebih bagus dan estetik. Hal ini gara-gara fokus bakal dipusatkan terhadap objek atau spasi positif saja.

4. Objek Utama Jadi Lebih Mencolok

Pemahaman terhadap spasi negatif mulanya sesungguhnya cukup rumit. Namun perihal ini mampu dilakukan bersama dengan mengabaikan objek terutama dahulu terhadap frame. Hal yang harus Anda lakukan adalah mencermati jarak antar objek tersebut.

Hal ini bakal sebabkan penglihatan bakal lebih berfokus terhadap komposisi foto yang digunakan. Keseluruhan bagian bakal punyai simetri yang baik. Bisa termasuk sesekali terlihat dari keramaian komposisi yang biasanya banyak dipilih.

Anda mampu nikmati kekosongan yang mampu sebabkan karya foto terlihat lebih “penuh”. Tidak cuma itu, mata yang lihat pun bakal cuma tertuju terhadap objek.

Memahami rancangan negative space sesungguhnya harus dilakukan bersama dengan serius. Teknik ini terhadap dasarnya cukup mutlak keberadaannya. Orang-orang bakal fokus terhadap objek utama yang dikenal sebagai positive space. Sedangkan area kosong sebagai spasi negatif.

Comments

Popular posts from this blog

Proyek Pemagaran lahan menggunakan Pagar Beton dan Saluran Uditch Jawa Tengah

Menemukan Investasi yang Menguntungkan: Jual Rumah di Bandung

Gejala Katarak, Kenali Sebelum Kian Menjadi